Pages

Kamis, 15 April 2010

Situs Eksternal - 4

SDN MARUNDA 02 PAGI:
Sekolah dengan Sanitasi Terbaik


Oleh Rio, Safari Sidakaton

Dikutip dari http://www.beritabaru.com/index.php?option=com_content&view=article&id=7223:sdn-marunda-sekolah-sanitasi-terbaik&catid=53:berita-peristiwa&Itemid=58

Jakarta, beritabaru.com - Sekolah Dasar Negeri 02 Marunda Cilincing Jakarta Utara yang telah mendapat predikat sebagai sekolah yang mempunyai sanitasi baik ternyata juga telah mendapat beberapa juara olimpiade untuk tingkat sains.

J"Untuk prestasi pengetahuan Alhamdulillah. Kemarin SDN 02 Marunda mendapat juara Olimpiade MIFA. Selain itu sekolah ini juga berpestasi untuk bidang  olahraga dan kesenian walaupun baru tingkat kecamatan," kata Syarifudin BM, Kepala Sekolah SDN Marunda 02 Cilincing kepada beritabaru.com, Kamis (10/12).
Syarifudin mengakui, untuk bidang pengetahuan SDN Marunda 02 memang barumenjuarai pada tingkat kecamatan. Hal itu lantaran SDN 02 Marunda mempunyai jumlah murid yang banyak yaitu mencapai 529 murid.



"Selain itu, sekolah ini menerapkan pendidikan inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)," jelasnya.

Di SDN 02 Marunda ini memang ada beberapa siswa ABK yang menuntut ilmu. Siswa ABK ini belajar bersama dengan siswa lainnya yang normal. Padahal seharusnya siswa ABK ini belajar di Sekolah Luar Biasa (SLB).

SDN 02 Marunda memang menerapkan dan menekankan Program Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat secara baik. Salah satu contoh penerapan aturan itu adalah peraturan penggunaan mangkok untuk jajan siswa.

"Penggunaan mangkok ini sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik dan styrofoam," paparnya.

Syarifudin menambahkan, berkat penggunaan mangkok tersebut, sampah styrofoam dan plastik disekitar sekolah menjadi jauh berkurang. Bahkan bisa dibilang tidak ada.

"Para pedagang juga sudah sepakat untuk tidak melayani siswa yang tidak membawa mangkok," tegasnya.

Saat ini SDN 02 Marunda yang setiap bulan purnama selalu banjir rob ini, setiap siswanya juga melakukan berbagai kegiatan penghijauan.

Kegiatan tersebut diantaranya adalah menanam pohon rambat, pembuatan tempat sampah organik dan non organik, pembuatan tempat cuci tangan pakai sabun dan pelatihan pembuatan kompos briket, daur ulang sampah plastik dan kertas daur ulang.

Sementara itu menurut Dr Hj Istaryatiningtias, Msi, Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara mengatakan, ciri sekolah yang bagus adalah mempunyai sistem drainase yang baik.

SDN 02 Marunda adalah satu diantara 6 sekolah yang menerapkan Program Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat yang dicanangkan ESP - USAID.

"Memang harus ada keikhlasan dari setiap pihak untuk menjadikan sekolah yang bersih dan sehat," kata Istaryatiningtias yang meminta agar siswa tersebut sudah bisa memahami pentingnya pola hidup sehat dan bersih.

SDN 02 Marunda adalah satu diantara enam sekolah yang menerapkan Program Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat Enviromental Services Program (ESP) - USAID.

Program tersebut adalah menata lingkungan melalui implementasi penghijauan, pemilahan sampah, daur ulang dan penghematan air. Pembiasaan cuci tangan dengan sabun juga menjadi prioritas disamping penggunaan mangkok untuk mengurangi sampah plastik dan styrofoam.

Lima sekolah lainnya yang menerapkan Program Sekolah Bersih, Hijau dan Sehat ESP - USAID adalah MI Al-Ifadah di Penjaringan Jakarta Utara, MI Al-Ma'muriyah di Cikini Jakarta Pusat, MI Al-Falah, SDN 013 Petojo Utara dan Pondok Pesantren Al-Kenaniyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda punya komentar? Ketiklah di boks yang disediakan!
Terimakasih....